Peringkat Kekuatan 11 Supernova dari Terlemah Hingga Terkuat

source: citrajevan.blogspot.com

Supernova adalah para bajak laut rookie yang bounty-nya lebih dari seratus juta berry. Istilah ini pertama kali diperkenalkan oleh Oda pada arc Shabaody Archipelago. Mereka memiliki kekuatan yang unik-unik dan sekaligus membuktikan eksistensi mereka dalam dunia bajak laut karena telah berhasil menaklukkan separuh Grand Line. Para Supernova lebih dikenal dengan sebutan Generasi Terburuk (Worst Generation) karena mereka seringkali berbuat onar dan kekacauan di lautan, terutama Monkey D. Luffy yang secara terang-terangan menentang kekuasaan pemerintahan dunia.

Sebelum time skip, para Supernova pernah kalah bertarung melawan Admiral dan Pacifista di Sabaody. Akan tetapi, kekalahan itu menjadi titik balik bagi mereka untuk memperkuat diri sebelum mereka memasuki New World. Kekuatan mereka perlahan demi perlahan mulai ditunjukkan setelah time skip, meski tidak semuanya. Dan berikut ini adalah peringkat kekuatan sebelas Supernova dari yang terlemah ke yang terkuat.

11. Jewelry Boney,  Bounty: 140.000.000 Berry (Before Time Skip)


source: otaku-indon.blogspot.co.id

Boney adalah satu-satunya bajak laut perempuan yang menyandang gelar Supernova. Ia memiliki kemampuan buah setan yang dapat memanipulasi umur. Dia memiliki hobi yang cukup aneh yaitu hobi makan dalam porsi yang besar. Kemungkinan para fans sepakat bahwa Boney adalah supernova terlemah, melihat kiprahnya di dunia bajak laut yang kurang greget dibandingkan para supernova lainnya. 

Sebelum time skip, ia tertangkap oleh Kurohige lalu kemudian Akainu datang menemuinya. Entah bagaimana dia waktu itu bisa lolos itu masih menjadi misteri. Meskipun waktu itu bounty-nya lebih tinggi dari Bege dan Urouge, tapi itu tidak menjadi patokan bahwa Boney lebih kuat dari mereka berdua. Mungkin saja, Boney memiliki rahasia atau memiliki potensi bahaya yang lebih besar bagi pemerintah.

9. Capone Gang Bege, Bounty: 300.000.000 Berry (After Time Skip)


source: onepiece.wikia.com

Bege merupakan kapten dari bajak laut Firetank. Ia memiliki penampilan layaknya bos mafia atau gangster seperti di film-film. Ia memakan buah shiro-shiro no mi yang membuat tubuhnya seperti kastil atau istana. Karakter yang satu ini memiliki andil yang cukup penting di Arc Whole Cake Island. Oda memberikan kejutan-kejutan yang membuat karakter ini terlihat menantang, karena pada awalnya saya hanya menganggap Bege sebelah mata. 

Bege ternyata memiliki hobi yang sangat gila yaitu memenggal kepala pimpinan sebuah organisasi. Namun, di balik sifat kejinya, ia merupakan lelaki yang sayang anak dan istri. Terbukti ketika ia berusaha menyelamatkan Chiffon ketika di sandera oleh salah satu anak Big Mom. Salah satu kemampuan terbaik Bege adalah Big Father, dimana ia berubah menjadi kastil yang besar seperti monster hidup. Selain itu, kemampuan menembak Bege juga terbilang menakutkan.

9. Urouge, Bounty: 108.000.000 Berry (Before Time Skip)


source: de.onepiece.wikia.com

Urouge atau biasa dikenal dengan sebutan Biksu gila merupakan salah satu Supernova yang berasal dari Sorajima. Seperti para penduduk langit, Urouge juga memiliki kedua sayap di punggungnya. Ia memakan buah iblis yang membuatnya mampu memanipulasi rasa sakit yang diterimanya menjadi kekuatan. Sederhana saja, semakin dia terluka semakin dia bertambah kuat dan tubuhnya kian membesar. Hal dapat dilihat pada pertarungannya melawan Pacifista di Sabaody. 

Alasan mengapa Urouge berada di urutan ini karena prestasinya telah menjatuhkan salah satu komandan Yonkou Big Mom. Prestasi ini merupakan pencapaian yang luar biasa karena dia adalah supernova yang pertama kali melakukan hal tersebut. Meskipun pada akhirnya dia harus babak belur karena dikeroyok oleh pasukan Big Mom.

8. Schratchmen Apoo, Bounty: 350.000.000 Berry  (After Time Skip)

source: onepiece.wikia.com

Apoo merupakan salah satu ras tangan panjang dan juga kapten dari bajak laut On Air. Ia memiliki kemampuan buah setan yang membuat seluruh tubuhnya berubah menjadi alat musik. Kekuatan ini cukup menakutkan karena mampu meledakkan musuh yang menjadi sasarannya. 

Kekuatan Apoo cukup terlihat jelas pada arc Wanokuni dan dia mampu menyerang musuh dalam skala tertentu. Namun, serangan Apoo memiliki kelemahan, yaitu serangannya tidak akan mengenai musuh jika musuh menggunakan penutup telinga mereka. Di Wano, Apoo juga menjadi sasaran empuk dari karakter lain, seperti Kid, Drake, dan Zoro. Dibandingkan mereka bertiga, kekuatan Apoo masih belum ada apa-apanya.

7. Basil Hawkins, Bounty: 320.000.000 Berry (After Time Skip)

source: onepieceindonesia.com

Hawkins adalah seorang supernova yang memiliki kepribadian misterius. Di awal kemunculannya, dia terlihat memiliki kemampuan untuk menjadi orang lain sebagai pasukan berbentuk boneka voodo yang dia tanam dalam tubuhnya. Hal itu membuat Hawkins memiliki lebih dari satu nyawa sehingga dia cukup sulit untuk dikalahkan.

Kekuatan itu ternyata merupakan efek dari buah iblis Wara Wara no Mi. Nggak hanya itu, Hawkins juga menunjukkan kemampuan aslinya di Wano. Dia mampu menciptakan monster jerami raksasa bernama Strawman. Monster itu sempat membuat Zoro kewalahan dan mengalami sedikit luka. Melihat kekuatan Hawkins yang seperti itu, dia layak menduduki posisi keenam. Dibandingkan Drake, Hawkins masih cukup lemah dari segi kekuatan.

6. Killer, Bounty: 200.000.000 Berry (After Time Skip)


source: onepiece.wikia.com

Killer merupakan salah satu petarung dari bajak laut Kid. Ia kemungkinan juga merupakan tangan kanan dari Kid, terbukti ketika ia menjadi penghubung ketika membentuk aliansi bersama Apoo dan Hawkins di Punk Hazard waktu itu. 

Keahlian bertempur Killer adalah dengan memakai sarung tangan bersabit yang dapat berputar dengan cepat di kedua tangannya dan ia juga memiliki gerakan yang lincah dan cepat. Selama peperangan Wano, Killer menunjukkan seluruh kemampuannya dengan maksimal.

Killer melalui pertempuran yang sangat sengit melawan Hawkins yang menggunakan trik licik. Setelah melewati pertarungan yang sangat sengit, dia berhasil keluar sebagai pemenang dan membuktikan bahwa dia lebih kuat dari Hawkins.

5. X-Drake, Bounty: 222.000.000 Berry (Before Time Skip)


source: onepiece.wikia.com

Drake adalah mantan angkatan laut yang banting setir menjadi bajak laut. Ia memiliki kemampuan buah setan tipe Zoan langka Ryu Ryu no Mi model Allosaurus. Dalam bertarung ia juga membawa senjata kapak berbilah empat dan sebuah pedang. Ia juga memiliki kecepatan yang cukup tinggi dalam bergerak. Terbukti ketika ia dapat menghentikan pertarungan antara Killer dan Urouge waktu itu. 

Pada arc Wano, terungkap bahwa Drake merupakan kapten dari pasukan rahasia angkatan laut bernama SWORD. Drake juga telah dicap sebagai pengkhianat di bajak laut Kaido sehingga nyawanya diincar oleh Queen dan Who's Who. Melihat posisi Drake sebagai kapten angkatan laut dan pernah menjadi Tobi Roppo, kekuatan Drake terbilang di atas rata-rata dan dia pantas menduduki posisi ini. 

4. Roronoa Zoro, Bounty: 1.111.000.000 Berry (After Time Skip)


source: diabolumberto.deviantart.com

Pemburu bajak laut ini saya tempatkan di urutan ke-4 setelah Drake. Seperti yang kita tahu, progres perkembangan kekuatan Zoro setelah dua tahun latihan cukup signifikan. Ia tak terlalu kesulitan menghadapi musuh-musuhnya sejauh ini. Mungkin hal itu juga dikarenakan musuh Zoro yang terlalu lemah jika dibandingkan dengan kekuatannya saat ini. Kejadian di Dressrosa membuat bounty-nya naik cukup drastis. Ia berhasil mengalahkan salah satu petinggi Doflamingo dan mampu membelah monster batu raksasa.

Di Wano, kekuatan Zoro meningkat berkali-kali lipat, apalagi setelah Zoro mendapatkan pedang Enma yang sebelumnya dimiliki oleh Oden. Zoro pun juga sempat bertarung dengan Supernova lain di Wano, seperti melawan Hawkins, Killer, dan Apoo. Kekuatan Zoro terlihat cukup jelas dan dia lebih kuat dari ketiga supernova tersebut.

3. Trafalgar D. Water Law, Bounty: 3.000.000.000 Berry (After Time Skip)


source:twitter.com

Law adalah salah satu pewaris tekad D yang masih hidup selain Luffy. Ia merupakan seorang dokter sekaligus seorang kapten bajak laut. Ia memakan buah setan Ope-Ope yang membuatnya mampu menciptakan sebuah ruang, di mana ia bisa melakukan operasi sesuka hatinya. Buah setan ini merupakan salah satu buah setan tipe Paramecia terkuat yang diburu oleh pemerintah dan bajak laut. 

Jika dibandingkan supernova-supernova sebelumnya, tentunya Law lebih kuat dari mereka. Akan tetapi, Law seringkali kewalahan ketika menghadapi musuh dengan kecepatan yang tinggi saat bertarung. Contohnya saja, ketika ia bertarung dengan Doflamingo.

2. Eustass Captain Kid, Bounty: 3.000.000.000 Berry (After Time Skip)

source: saiyanisland.com

Kid adalah karakter yang cukup sangar, beringas dan gampang marah. Ia memiliki kekuatan buah setan yang membuatnya mampu memanipulasi magnet. Barangkali semua sepakat bahwa Kid adalah supernova terkuat nomor dua. Ia dapat memanfaatkan benda-benda tajam di sekitarnya untuk bertarung. 

Selain itu, Kid merupakan tipikal bajak laut yang tidak mau berada di bawah perintah orang lain. Ia pun merasa gengsi apabila ada orang yang menyainginya dalam hal kekuatan, semisal ketika bertemu dengan Luffy di Sabaody waktu itu. Ia merasa bahwa kekutannya seimbang dengan Luffy sekaligus menganggap Luffy adalah rivalnya. Setelah dihajar babak belur oleh Kaido dan dikhianati aliansi sebelumnya, Kid saat ini memutuskan untuk bergabung berama Luffy dan Law untuk menumbangkan Kaido.

1. Monkey D. Luffy, Bounty: 3.000.000.000 Berry (After Time Skip)


source: tophdimgs.com

Tak perlu perdebatan lebih lanjut lagi, di posisi pertama adalah Luffy, kapten kita tercinta. Luffy adalah supernova terkuat dibandingan supernova lainnya melihat sepak terjangnya yang terbilang gila dan di luar nalar. Prestasi-prestasinya juga luar biasa contohnya adalah menentang pemerintahan dunia di Enies Lobby, mengalahkan beberapa Sichibukai kuat, lalu mengikuti perang di Marineford sekaligus pernah merasakan kekuatan para admiral, dan yang terbaru adalah mengalahkan salah satu komandan Yonkou Big Mom. 


Kekuatan Luffy sekarang juga meningkat sangat pesat, hasil latihannya selama dua tahun membuahkan hasil yang sangat signifikan. Nggak hanya itu, Luffy saat ini pun sudah menguasai kenbunshoku dan busoshoku no haki tingkat tinggi yang membuatnya semakin matang. Satu lagi poin yang tak kalah penting adalah Luffy sekarang menaungi armada bajak laut yang besar.

Catatan: Artikel ini telah diperbarui pada tanggal 19/11/2021
Previous Post Next Post

Contact Form